Pertandingan La Liga Spanyol Tidak Akan Sepi Meski Dimainkan Tanpa Penonton

Advertisement


Menyajikan Semua Informasi Pertandingan dan Hasil Skor Bola Terbaru
22/6/2020 22/6/2020 22/6/2020 20/4/2020 29/1/2019

Pertandingan La Liga Spanyol Tidak Akan Sepi Meski Dimainkan Tanpa Penonton

Fiolaz
Jumat, 05 Juni 2020

La Liga Spanyol sedang berusaha untuk membuat semua pertandingan yang tersisa di musim 2019-2020 ini terasa normal. Salah satu hal yang tidak akan ditemukan dalam sebuah pertandingan sepak bola di tengah pandemi COVID-19 adalah penonton yang mengisi tribun stadion.

Hal tersebut dikarenakan liga mana pun akan dilarang menggelar pertandingan dengan penonton di stadion di saat COVID-19 masih mengancam. Contoh nyatanya adalah Bundesliga, yang memainkan kembali kompetisi musim 2019-2020 tanpa penonton.


Semua itu dilakukan Bundesliga demi menekan angka pertumbuhan kasus positif COVID-19 di Negara mereka. Akan tetapi, memainkan pertandingan tanpa penonton akan terasa sepi karena tidak ada sorak sorai dari tribun stadion yang biasa dilakukan para penonton di stadion. La Liga Spanyol pun menyadarinya dan tidak mau hal semacam itu terjadi ketika mereka memulai kembali kompetisi.

Untuk itu, seperti dilansir BolaSport.com dari BR Football, La Liga Spanyol bekerja sama dengan perusahaan audiovisual bernama Mediapro untuk membuat pertandingan kembali ‘ramai’. Cara untuk membuat stadion ‘ramai’ lagi adalah menyiarkan suara penonton asli yang direkam dari pertandingan sebelumnya.

Bek kiri Barcelona, Jordi Alba, menyebut akan banyak hal bakal berubah jika pertandingan sepak bola dimainkan tanpa kehadiran penonton. Dalam suatu kesempatan, Jordi Alba memberikan komentarnya terkait kompetisi La Liga Spanyol yang bakal digelar tanpa adanya dukungan dari suporter.

Tentu saja hal itu juga dirasakan seluruh pemain yang biasa bermain dengan dukungan penuh dari penonton ketika laga kandang ataupun laga tandang, dilarangnya penonton tersebut akan membuat menjadi sepi dan suasana yang biasa ramai dengan sorak-sorai penonton berubah menjadi sunyi ketika penonton dilarang untuk datang langsung ke stadion.

Menurutnya, saat ini banyak pemain sudah merasa tidak sabar untuk kembali merumput. Akan tetapi, ketika mengetahui pertandingan tanpa kehadiran suporter rasanya tentu akan berbeda. Pemain berusia 31 tahun itu menilai bahwa ke depannya banyak hal yang akan berubah.

“Saya merasa bahwa kami sangat ingin kembali bertanding, tetapi tanpa penggemar, banyak hal akan berubah,” kata Alba, seperti dilansir BolaSport.com dari Marca, Jumat 29 Mei 2020.

Lebih lanjut, Alba juga menyoroti beberapa peraturan baru yang akan diterapkan di sepak bola.

“Jika Anda meludah, Anda bisa mendapatkan kartu kuning,” tuturnya.

“Kami sudah melihatnya di Bundesliga dan mereka tidak saling berpelukan, mereka bahkan nyaris tidak merayakan. Sayang sekali.”

“Kami melihat bagaimana kami bisa mengendalikannya sekarang.” ucap pemain timnas Spanyol itu.

La Liga Spanyol sendiri kabarnya akan melanjutkan musim 2019-2020 dalam hitungan dua minggu ke depan. Pemerintah Spanyol sudah memberikan izin kepada pihak La Liga Spanyol untuk memulai kembali kegiatan sepak bola sejak 8 Juni 2020.

Pemerintah Spanyol sudah memberikan izin kepada otoritas sepak bola setempat untuk kembali memulai kompetisi sepak bola dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan. Salah satu kebijakan tersebut adalah menggelar semua sisa pertandingan musim 2019-2020 secara tertutup alias tanpa penonton.

Tetapi demikian, kick-off pertama La Liga Spanyol pasca-penangguhan tampaknya tidak akan terjadi pada 8 Juni 2020. Hal itu dikarenakan tanggal 8 Juni 2020 jatuh di hari Senin, bukan akhir pekan yang biasanya menjadi waktu tradisional menggelar pertandingan. Sementara biasanya La Liga Spanyol Spanyol menggelar pertandingan pada akhir pekan, jadi kemungkinan besar kompetisi sepak bola tertinggi di Negeri Matador itu dimulai lagi pada 12-14 Juni 2020.