Liga Italia Dimulai Lagi 20 Juni, Ini Plan B dan Plan C jika Ada Gelombang Kedua COVID-19

Advertisement


Menyajikan Semua Informasi Pertandingan dan Hasil Skor Bola Terbaru
22/9/2020 22/9/2020 22/9/2020 20/4/2020 29/1/2019

Liga Italia Dimulai Lagi 20 Juni, Ini Plan B dan Plan C jika Ada Gelombang Kedua COVID-19

Fiolaz
Jumat, 05 Juni 2020

Sempat terhenti sejak pertengahan Maret 2020 lalu karena pandemi Covid-19, Liga Serie A Italia resmi akan dimulai lagi pada 20 Juni 2020 mendatang. Pengumuman resmi Liga Seria A Italia dimulai lagi pada 20 Juni  2020 dilakukan menyusul pertemuan antara Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora, Liga Serie A Italia, AIC (Asosiasi Pemain Italia), FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio), dan Asosiasi Dokter Olahraga Italia pada Kamis 28 Mei 2020.

“Ini pertemuan yang sangat berguna. Kami sudah bilang sejak awal bahwa sepak bola akan dilanjutkan jika kondisi yang menjamin kesehatan dan keselamatan sudah tercapai,” ujar Spadafora kepada Corriere dello Sport.


“Italia bangkit berdiri dan benar jika sepak bola melakukan hal yang sama.”

Menurut Spadafora, CTS (Komite Sains Teknikal) telah menyepakati protokol kesehatan untuk pertandingan yang diajukan oleh FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio). Protokol itu tidak jauh berbeda dari protokol untuk latihan yang juga telah disepakati.

“Ada jaminan dan kesepakatan bersama soal apa yang harus dilakukan jika ada pemain yang dites positif di tengah kompetisi,” lanjut Spadafora.

Dalam kasus seperti itu, tercapai kesepakatan bahwa seluruh tim akan diisolasi selama 14 hari. Individu yang dites positif itu akan dikarantina. Spadafora juga menyatakan FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio) menjamin bahwa sudah ada Plan B dan Plan C seandainya kompetisi diberhentikan lagi karena ada gelombang kedua COVID-19.

“Rencananya adalah melanjutkan kompetisi mulai 20 Juni 2020,” kata Spadafora.

“Jika terjadi penghentian kompetisi lagi, akan ada Plan B dan Plan C.”

“Plan B adalah menggunakan play-off untuk menentukan posisi yang krusial di klasemen. Sedangkan Plan C adalah memakai klasemen yang sudah ada,” imbuhnya.

Plan C yang dimaksud Spadafora tampaknya adalah penggunaan rata-rata poin di klasemen yang sudah eksis seperti yang dilakukan di Liga Ligue 1 Prancis 2020.

“Jika diperlukan, FIGC (Federazione Italiana Giuoco Calcio) yang akan mengeksekusi Plan B dan Plan C,” ujar Spadafora.

Hari ini, Jumat 29 Mei 2020, Liga Serie A Italia akan mengadakan pertemuan lagi untuk menentukan jadwal pertandingan lengkap Liga Serie Italia dimulai lagi.

Sebelum Liga Italia Serie A dimulai lagi, lebih dulu akan ada “pemanasan” berupa penyelesaian kompetisi Coppa Italia.

Bukan Liga Italia, tetapi Coppa Italia yang akan membuka tirai digulirkannya lagi kompetisi sepak bola di Negeri Pizza.

Sisa Coppa Italia 2019-2020 akan digulirkan pada 13 dan 17 Juni 2020, baru setelah itu Liga Seria A Italia digulirkan kembali pada 20 Juni 2020. Saat kompetisi dihentikan karena pandemi Covid-19 Coppa Italia sudah memasuki babak semifinal.

Pada leg pertama, 12 dan 13 Februari 2020, Inter Milan kalah 0-1 dari Napoli dan AC Milan ditahan Juventus 1-1. Leg kedua dijadwalkan akan digelar tanggal 13-14 Juni 2020 kemudian final pada 17 Juni 2020.

“Saya harap antara 13 hingga 20 Juni 2020 Coppa Italia bisa diselesaikan sehingga bisa menjadi sinyal buat seluruh negara,” ujar Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, seperti dikutip dari Football Italia.

Dengan menyelesaikan kompetisi Coppa Italia, Spadafora ingin publik melihat bahwa sepak bola bisa bangkit dan dituntaskan setelah situasi terburuk Covid-19 berhasil dilalui. Namun, jadwal Coppa Italia itu langsung direspons oleh komplain salah satu peserta, AC Milan.

“Kami memahami pentingnya memberi fans pertandingan berkualitas setelah lockdown selama berbulan-bulan,” kata Presiden AC Milan, Paolo Scaroni.

“Akan ditetapi, dilihat dari perspektif olahraga, ide menyelesaikan Coppa Italia hanya selama dua pertandingan dalam tiga hari setelah tiga bulan tidak aktif setidaknya bisa diperdebatkan,” ujar Scaroni.